Makalah Senam Hamil - BAB III

Makalah Senam Hamil - BAB III
Makalah Senam Hamil - BAB III

Makalah Senam Hamil - BAB III


BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Senam hamil mempunyai tujuan untuk menyiapkan serta melatih otot-otot hingga bisa digunakan untuk berperan dengan cara maksimal dalam persalinan normal. Senam hamil ditujukan untuk ibu hamil tiada kelainan atau tak ada penyakit yang dibarengi kehamilan, yakni penyakit jantung, penyakit ginjal, penyulit kehamilan (hamil menggunakan perdarahan, hamil menggunakan kelainan letak) serta kehamilan dibarengi anemia. Senam hamil adalah sisi dari perawatan antenatal pada sebagian pusat service kesehatan spesifik, seperti rumah sakit, puskesmas, klinik, maupun pusat service kesehatan yang lain (Muhimah serta Safi’i, 2010). Gerakan serta latihan senam kehamilan tak saja beruntung sang ibu, namun juga benar-benar punya pengaruh pada kesehatan bayi yang di kandungan. Pada waktu bayi mulai bisa bernafas sendiri, maka oksigen bakal mengalir kepadanya lewat plasenta, yakni dari aliran darah ibunya ke dalam aliran darah bayi yang di kandung. Senam kehamilan bakal menaikkan jumlah oksigen dalam darah di semua badan sang ibu dank arena itu aliran oksigen pada bayi lewat plasenta akan jadi lebih lancar (Sani, 2002). 

Senam hamil untuk ibu hamil yaitu satu diantara sisi utama yang perlu anda cermati untuk persiapan untuk sistem persalinan nanti. Sepanjang kehamilan, ibu alami pergantian fisik serta kejiwaan/emosi ibu hamil. Pada saat kehamilan, emosi gampang turun serta naik, yang berlangsung disebabkan pergantian hormon. Adapun kekhawatiran mendekati pesalinan ibu hamil bakal nampak pernyataan serta bayangan apakah bisa melahirkan normal, langkah mengejan, apakah bakal berlangsung suatu hal waktu melahirkan, atau apakah bayi lahir selamat, bakal makin nampak dalam benak ibu, keadaan ini bisa mengakibatkan kekhawatiran serta kemelut selanjutnya hingga membuat satu siklus umpan balik yang bisa menambah intensitas emosional dengan cara seluruh. Untuk mengambil keputusan siklus kekhawatiran itu, maka senam hamil untuk satu diantara service prenatal, adalah satu alternatif terapi yang bisa diberikan pada ibu hamil. 

3.2 Saran

Senam hamil bakal menolong bikin ibu serta janin terus sehat dan untuk persiapan persalinan. Ibu hamil yang rajin lakukan senam hamil dengan cara teratur serta benar, sistem persalinannya bakal lebih gampang. Begitupun waktu sesudah melahirkan, ibu tak lagi berlama-lama rasakan sakit pasca persalinan. Untuk mahasiswa calon perawat baiknya kita mesti mengerti bagaimana gerakan – gerakan senam yang gampang serta aman untuk dikerjakan oleh ibu hamil supaya bisa menolong memudahkan dalam sistem persalinannya kelak.


=>> Kembali ke BAB I PENDAHULUAN <<=
Categories: ,