Makalah Senam Hamil

Makalah Senam Hamil

Makalah Senam Hamil

Makalah Senam Hamil


BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang

Sepanjang kehamilan, ibu alami pergantian fisik serta kejiwaan/emosi ibu hamil. Pada saat kehamilan, emosi gampang turun serta naik, yang berlangsung disebabkan pergantian hormon. Adapun kekhawatiran mendekati pesalinan ibu hamil bakal nampak pernyataan serta bayangan apakah bisa melahirkan normal, langkah mengejan, apakah bakal berlangsung suatu hal waktu melahirkan, atau apakah bayi lahir selamat, bakal makin nampak dalam benak ibu (Muhimah serta Safi’i, 2010), keadaan ini bisa mengakibatkan kekhawatiran serta kemelut selanjutnya hingga membuat satu siklus umpan balik yang bisa menambah intensitas emosional dengan cara seluruh. Untuk mengambil keputusan siklus kekhawatiran itu, maka senam hamil untuk satu diantara service prenatal, adalah satu alternatif terapi yang bisa diberikan pada ibu hamil (Muhimah serta Safi’i, 2010). 

Senam adalah olahraga paling baik yang bisa dikerjakan oleh ibu hamil mendekati persalinannya. Satu diantara type senam yang ditujukan untuk ibu hamil yaitu senam hamil (Muhimah serta Safi’i, 2010). Senam hamil yaitu terapi latihan gerak untuk menyiapkan ibu hamil, dengan cara fisik atau mental, pada persalinan cepat, aman, serta spontan (Arief, 2008). 

1.2    Rumusan Masalah

Dalam penulisan makalah ini terdapat beberapa rumusan masalah diantaranya :

1.2.1    pengertian senam hamil?
1.2.2    tujuan / manfaat senam hamil?
1.2.3    bagaimana penatalaksanaan senam hamil?

1.3    Tujuan Penulisan

Adapun tujuan penulisan makalah ini yaitu :

1.3.1    ingin mengetahui senam hamil
1.3.2    ingin mengetahui tujuan / manfaat senam hamil
1.3.3    ingin menetahui penatalaksanaan senam hamil

1.4    Metode Penulisan

Cara yang dipakai dalam penulisan makalah ini memakai cara literature yakni mengambil sumber dari buku serta dunia maya.

1.5    Sistematika Penulisan

Adapun sistematika penulisan makalah ini yaitu :

BAB I PENDAHULUAN yang terdiri dari : Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Penulisan, Metode penulisan dan Sistematika Penulisan.

BAB II PEMBAHASAN yang terdiri dari : Pengertian Senam Hamil, Tujuan / Manfaat Senam Hamil dan Penatalaksanaan Senam Hamil.

BAB III PENUTUP yang terdiri dari: Kesimpulan dan Saran.


=>> Selanjutnya BAB II PEMBAHASAN <<=
Categories: ,